"Terimakasih Atas Kunjungannya, Semoga Anda Banyak Rezeki, Banyak Anak, Dan Masuk Surga. SALAM CINTA"

Perjuangan Yang Harus Dipaksakan

Perjuangan Yang Harus Dipaksakan: 
Memulai Segala Sesuatu Dengan Bacaan Basamallah, 
“Bismillahirrahmanirrahim”


Oleh DASAM SYAMSUDIN

Dalam sebuah Khabar (Hadist—khabar nama lain dari hadits), Rasulullah Mengabarkan;
“Setiap perbuatan yang baik jika tidak dimulai dengan membaca “bismillahirrahmanirrahim” maka amal kebaikan itu terputus (sedikit berkah)”.


Sebetulnya pembahasan saya tidak akan fokus pada judul di atas. Sebab pembahasan tentang “Rahasia Makna Basamallah” sudah saya bahas sebelumnya di sini. Saya hanya akan membahas tentang sebuah cita-cita dan harapan yang akan dimulai dengan membaca “bismillahirrahmanirrahim”. Basmallah adalah langkah awal dari segala sesuatu yang akan kita lakukan.

Suatu malam saya pernah berselancar di dunia maya, searching dan browsing. Saya pergi ke sana kemari untuk mencari sesuatu yang bisa merubah hidup, setidaknya untuk memotivasi hidup. Sebab hidup saya selama dua tahun nyaris kehilangan arah, bahkan hampir kehilangan cita-cita, meski akhirnya cita-cita itu tetap saya tinggalkan untuk beralih pada harapan yang lain. Apakah saya menyesal merubah cita-cita? Tentu saja tidak. Sebab dalam menjalani hidup tidak perlu memaksakan apa yang tidak kita mampu, meski itu harapan orang tua. Bukankah lebih baik kita menjalani kehidupan dengan kemampuan dan pengetahuan yang sudah kita kuasai, setidaknya kita memahami alur hidup yang akan kita jalani.

Hasil berselancar di dunia maya itu akhirnya saya menemukan sebuah blog (blog yang dimiliki Erianto Anas). Hampir semalaman saya membaca blognya, mengobrak-abrik isinya, dan akhirnya saya memahami, “Jangan Takut Untuk Mencoba”. Kata itulah yang akhirnya memotivasi saya kembali khususnya dalam dunia bloging. Dan dimulai dari sekarang saya akan berusaha untuk menghidupkan blog saya yang sebelumnya hanya menjadi sampah dunia maya.

Kenapa saya harus menghidupkan blog saya dengan serius dan dengan berusaha. Hidup tentu saja harus dilakukan dengan berbagai upaya dan usaha untuk memperjuangkannya, termasuk pada apa yang kita minati. Selain itu, keseriusan dalam mengelola blog ini tentu saja tidak akan saya lakukan dengan serius-serius banget, saya akan melakukannya dengan santai dan dengan kebahagiaan. Sebab melakukan sesuatu yang tidak kita sukai apalagi sampai membuat kita merasa bosan dan tersiksa dengan kelelahan atau alasan lainnya hanya akan membuat perjuangan ini menjadi sia-sia dan tak bermakna, baik untuk diri kita atau orang lain.

Nah, untuk memulai hal tersebut sebagai awal kekuatan baru dan sebagai harapan yang saya gantungkankan (al-ilshaq), kepada Allah SWT agar dalam menjalaninya Allah Tuhan Semesta Alam senantiasa memberi pertolongan (al-isti’anah) kepada saya. Saya akan membaca, “Bismillahirrahmanirrahim”.

Penting sekali, bahkan sangat penting. Untuk memulai segala sesuatu kita harus membaca “bismillahirrahmanirrahim”. Kenapa? Jawabannya ada di sini.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...