"Terimakasih Atas Kunjungannya, Semoga Anda Banyak Rezeki, Banyak Anak, Dan Masuk Surga. SALAM CINTA"

Makanan dan Minuman Yang Menyebabkan Gigi Jadi Berwarna Kuning


Masih banyak orang yang tanpa disadari melakukan kebiasaan memicu kerusakan gigi. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengubah warna gigi.

Perlu Anda ketahui, ada beberapa makanan dan minuman yang mengandung zat berwarna mencolok yang bisa meninggalkan noda pada gigi. Menurut dokter gigi asal Cleveland, Matthew J Messina, makanan dan minuman yang mengandung zat pewarna bisa membahayakan kesehatan gigi. "Makin kuat warna, makin potensial mengandung zat pewarna. Inilah yang bisa mengubah warna gigi Anda."

Warna dalam makanan dan minuman berasal dari chromogens, molekul berpigmen dengan kecenderungan kurang menempel pada enamel gigi. Namun, kehadiran chromogens bukanlah satu-satunya hal yang berpotensi membuat gigi menguning atau meninggalkan noda pada gigi. Tingkat keasaman makanan atau minuman juga merupakan faktor lain. Citarasa asam pada makanan dan minuman, termasuk beberapa yang tidak berwarna cerah mampu mengikis enamel gigi, seperti dikutip Webmd.

Jika ingin barisan mutiara Anda tetap putih cemerlang, berikut sejumlah makanan dan minuman yang perlu Anda hindari.
Wine
Wine atau anggur merah merupakan minuman mengandung chromogens dan tannin, yang bisa meninggalkan noda di gigi. Tapi, bukan berarti anggur putih tidak meninggalkan noda. Sebuah studi dari New York University School of Dentistry menemukan, gigi yang dipapar dengan teh makin mudah ditempeli warna dari sumber yang lain jika sebelumnya telah terpapar dengan anggur putih.

Teh
Sama seperti anggur, teh hitam yang biasa Anda konsumsi juga kaya tannin yang memicu munculnya noda di gigi. Menurut dokter gigi, teh lebih mudah meninggalkan noda dibandingkan kopi (yang kaya chromogen tapi rendah tannin."Teh sangat agresif," tutur Mark S. Wolff, DDS, PhD, dari New York University School of Dentistry di New York City. Dibandingkan teh hitam, teh herbal, teh hijau dan teh putih berisiko lebih kecil meninggalkan noda.

Minuman bersoda
Minuman bersoda yang kaya asam dan chromogen juga bisa meninggalkan noda di gigi. Minuman ringan berwarna pudar sekalipun sudah cukup asam untuk mewarnai gigi."Minuman berkarbonasi mempunyai tingkat keasaman yang sama dengan aki."

Minuman berenergi
Sebuah studi yang dipimpin Wolf menemukan bahwa minuman energi atau soft drink yang kaya asam bisa melembutkan lapisan email gigi, sehingga mempermudah menempelnya noda di gigi.

Berries
Blueberries, cranberries, cherries, anggur, buah delima, dan buah-buahan berwarna gelap dan juga berbagai olahannya seperti jus, pie, dan makanan atau minuman juga bisa menimbulkan noda di gigi.

Saus
Saus kedelai, saus tomat, saus kari dan saus berwarna pekat lainnya juga diyakini potensial meninggalkan noda di gigi.

Permen

Permen keras, permen karet, loli pop dan gula-gula lainnya seringkali menjadi agen penyebab noda di gigi. Menurut dokter gigi, gigi Anda juga berisiko ternoda jika lidah berubah warna. Tapi jika tidak dikonsumsi secara teratur, makanan ini kemungkinan kecil meninggalkan noda di gigi.

Sumber : http://menujuhijau.blogspot.com/2010/09/makanan-dan-minuman-penyebab-warna-gigi.html#ixzz1NlGiRBEH

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...