"Terimakasih Atas Kunjungannya, Semoga Anda Banyak Rezeki, Banyak Anak, Dan Masuk Surga. SALAM CINTA"

Inilah Alasan Kenapa Amerika Disebut Negara "Paman Sam"

Kenapa Amerika dijuluki sebagai negara “Paman Sam” (Uncle Sam) ?. Begini ceritanya, dahulu ada orang bernama Samuel Wilson. Ia dilahirkan di Arlington, tanggal 13 September 1766. Pada usia 14 tahun, ia menjadi sukarelawan pejuang bagi negaranya. Setelah dewasa, ia membuka usaha kemasan daging di New York. Ia menyuplai bertong-tong daging bagi tentara AS dalam Perang 1812.
Pada tahun 1812 jumlah barang untuk tentara dibeli di Troy, NY, oleh Elbert Anderson, seorang kontraktor pemerintah. Barang diperiksa oleh dua bersaudara, Ebenezer dan Samuel Wilson. Samuel Wilson sering dipanggil “Uncle Sam” oleh temannya. Setiap paket ditandai inisial E.A.-U.S. Pada saat dimintai arti inisial ini, pekerja yang bercanda menjawab bahwa EA adalah Elbert Anderson dan US adalah Paman Sam yang seharusnya adalah United States. Jadi judul menjadi populer di kalangan para pekerja, tentara, dan orang-orang, dan Pemerintah Amerika Serikat sekarang dikenal sebagai “Paman Sam”


Kisah diatas akhirnya di tulis dalam sebuah koran. Pada 1860-an dan 1870-an, kartunis politis Thomas Nast mulai mempopulerkan gambar Paman Sam. Nast mengembangkan gambar tersebut dengan memberikan Paman Sam janggut putih dan pakaian yang bermotifkan bintang dan garis. Nast juga-lah yang menciptakan citra Sinterklas dan gajah sebagai simbol Partai Republik. Pada September 1961 Kongres AS mengakui Samuel Wilson sebagai cikal bakal symbol nasional Amerika.

Paman Sam Wilson dianggap sebagai tokoh teladan tentang seorang wiraswasta yang suka bekerja keras dan cinta kepada tanah airnya. Wilson wafat di usia 88 tahun pada 1854 dan dimakamkan di Pemakaman Oakwood di Troy, New York. Kota itu mendapat sebutan ‘Rumah Paman Sam.’ Akhirnya , nama Paman Sam secara resmi dipakai untuk julukan negara Amerika. Orang-orang Amerika sekarang bangga dengan julukan dan citra yang dimiliki Paman Sam.

Sumber: http://fotodunia.blogspot.com/2010/10/kenapa-amerika-dijuluki-negara-paman.html

6 komentar:

  1. Thomas Nast (September 27, 1840 – December 7, 1902) was a German-born American caricaturist and editorial cartoonist who is considered to be the "Father of the American Cartoon".[1] He was the scourge of Boss Tweed and the Tammany Hall political machine. Among his notable works were the creation of the modern version of Santa Claus and the political symbol of the elephant for the Republican Party. Contrary to popular belief, Nast did not create Uncle Sam (the male personification of the American people), Columbia (the female personification of American values), or the Democratic donkey,[2] though he did popularize these symbols through his art. [http://en.wikipedia.org/wiki/Thomas_Nast]

    Banyak bohongnya dan ini ga lebih sebuah kabar yg dibuat mulai pada tahun 2005. Bahkan penduduk US yg kolot (70's, 80's-present) tidak mengetahui tokoh kartunis ini menjelma nyata di dunia kita, sebelum cemetary berjulukan "uncle sam" di lokasi tsb. disosialisasikan (terpapan). Tidak lain "uncle sam" adalah "julukan/klaim" yg perlu dklarifikasi lebih jauh. Sebagian yg lain bahkan beberapa warga US pernah menyiratkan "sam" sons of noah, yaitu keturunan moyang mereka. Tetapi belum pula ada yg meng-klaim kebanggaan atas "samiri" yg menghasut bani israel, sama seperti poster perlawanan/(pembelaan: menurut ide mereka) "uncle sam" yg terkenal.

    BalasHapus
  2. Uncle Sam ???
    - Samuel Wilson (atleast starting in the +2000s)

    - Sam, son of noah (some others claimed before sam wilson has)

    - Samiri (no one will claim this person especially in US, perhaps u want to know samiri is)

    BalasHapus
  3. apakah gac ada alsan yg lbih detail. . . ??

    BalasHapus
  4. Kak tolong ringkasin lebih jelas lg dong..

    BalasHapus
  5. ya tolong ringkasin dong kak

    BalasHapus
  6. yang saya tau dari beberapa buku sejarah paman sam (uncle sam) itu kepanjangan dari samuel yaitu seorang pemasok daging sapi dari Amerika.
    pendapat lain tentang nama samuel yang artinya dalam bahasa Yahudi (EL) adalah TUHAN dan samu'el berarti (sebagai Tuhan) tidak menutup kemungkinan kalau sam itu = Samiri yang memang di akhir zaman dia akan mengaku sebagai Tuhan alias (dajjal)
    Wa'allahualam..(hanya Allah yang Maha Mengetahui segala sesuatu)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...