"Terimakasih Atas Kunjungannya, Semoga Anda Banyak Rezeki, Banyak Anak, Dan Masuk Surga. SALAM CINTA"

10 Penyakit Aneh yang Mungkin Bisa Menyerang Manusia



Penyakit berat seperti diabetes, kanker, stroke atau jantung sudah banyak diketahui orang. Tapi sebenarnya masih banyak penyakit lainnya yang belum diketahui dan bahkan terdengar cukup aneh. Penyakit apa saja itu?

Banyak orang yang mungkin belum pernah mendengar penyakit ini dan beberapa diantaranya memiliki efek buruk. Ini dia penyakit-penyakit yang terdengar aneh bagi manusia:


1. Trichotillomania
Penyakit ini terbilang aneh untuk dipahami. Orang yang memiliki penyakit ini memiliki dorongan untuk menarik rambut hingga rontok, termasuk rambut tubuh, rambut kepala, jenggot, bulu mata, rambut hidung atau alis. Kondisi ini kemungkinan akibat adanya kelainan pada serotonin dan dopamin.

2. Sindrom Cotard

Penderita penyakit ini akan merasa bahwa ia sudah mati dan tidak ada di dunia lagi. Selain itu juga merasa bahwa ia sudah kehilangan darah atau organ internalnya serta bagian-bagian tubuh yang sudah membusuk. Kondisi ini bisa berkembang akibat penyakit mental atau berhubungan dengan depresi.

3. Kleptomania
Penderita penyakit ini akan selalu mencuri benda apapun bahkan yang tidak bernilai sekalipun. Dalam beberapa kasus penderita tidak menyadari bahwa hal tersebut adalah bentuk pencurian. Pada saat mencuri tersebut penderita merasa senang atau ada kepuasan tersendiri. Sebuah bukti menunjukkan bahwa kelainan serotonin di otak dapat menyebabkan penyakit ini.

4. Sindrom Stendhal
Kondisi ini terbilang aneh karena seseorang yang memiliki penyakit ini akan menderita jika terpapar karya seni yang indah dalam jumlah besar. Dalam waktu singkat orang tersebut akan mengalami pusing, jantung berdetak cepat, kebingungan dan halusinasi.

5. Exploding Head Syndrome
Penderita merasa ada suara keras yang seolah-olah muncul dari dalam kepalanya sendiri seperti ledakan. Biasanya terjadi setelah orang tersebut tidur selama 2 jam, tapi bukan karena mimpi. Penderita akan merasa takut dan cemas yang disertai peningkatan detak jantung.

6. Pica
Penyakit ini menyebabkan penderitanya memiliki dorongan untuk mengonsumsi makanan yang aneh selain makanan pada umumnya, seperti kertas, lem, tanah liat, kotoran, batu bata atau benang. Beberapa penelitian menduga hal ini disebabkan kekurangan mineral, tapi penyebab pastinya belum diketahui.

7. Genital Retraction Syndrome
Sindrom ini menyebabkan seseorang menjadi panik, gelisah dan bingung terhadap bagian tubuhnya. Untuk laki-laki memiliki pemikiran bahwa penis mereka akan menyusut terus dan hilang masuk ke dalam perut. Sedangkan yang perempuan merasa payudaranya akan mengecil dan masuk ke dalam tubuhnya.

8. Ketidakpekaan terhadap rasa nyeri sejak lahir
Orang yang memiliki kondisi ini menjadi tidak peka terhadap rasa sakit atau nyeri, mereka tidak akan merasakan sakit jika mengalami cedera atau luka berdarah misalnya saat tertusuk pin di kulitnya. Penyebabnya adalah mutasi gen yang terjadi dalam sintesis natrium dalam aliran tertentu yang terlibat dalam stimulus nyeri.

9. Syndrome Moebius
Penyakit ini ditandai dengan kurangnya saraf di wajah sehingga menghilangkan eskpresi wajahnya. Orang dengan sindrom ini akan sering terlihat tidur dengan mata terbuka, tidak bisa tersenyum, berkerut, mengendalikan mata berkedip dan terganggunya kemampuan berbicara serta menelan.

10. Ondine's curse
Diperkirakan ada sekitar 200-300 orang di seluruh dunia yang memiliki penyakit ini. Orang yang menderita Ondine's curse memiliki waktu yang sangat sulit untuk mengambil oksigen sehingga membuatnya terlihat sering lelah dan mudah capek. Jika hal ini terjadi saat tidur dan tidak ada bantuan medis, maka bisa menyebabkan kematian.

Sumber : Detik Health

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...